4 Cara Merawat Telinga dengan Baik

Cara merawat telinga – Telinga adalah salah satu indera yang fungsinya sangatlah penting yang diberikan Allah/T uhan kepada manusia, tanpa adanya telinga maka seseorang tidak akan pernah dapat mendengarkan suara – suara indah di dunia ini. Dan Faktanya jika orang yang sudah tidak dapat mendengar dari usia dini, biasanya ia akan terkena penyakit bisu. Nah, Mengingat Betapa pentingnya kedua telinga kita, oleh karena itu wajib hukumnya agar kita menjaga kesehatan telinga kita agar tidak menjadi rusak.
Nah bagaimana cara merawat telinga? Mari disimak yuk

1. Hindari lokasi bising

Suara Bising yang terus-menerus dapat mengakibatkan pendengaran menjadi terganggu atau perlahan-lahan akan mengalami kerusakan. Saran saya, Sebaiknya anda tidak sering berada pada lokasi yang bising seperti tempat konser pabrik dan sebagainya. Resiko kerusakan fungsi indera telinga akan sangat terasa kepada orang yang kesehariannya bekerja di area mesin bekerja seperti di mesin kapal laut, mesin pabrik dan beberapa mesin industri lainnya.

2. Hati-hati menggunakan pembersih telinga

Pembersih telinga atau biasa masyarakat sebut cotton bud juga dapat mempengaruhi kesehatan telinga anda lho. Kembali ke masa lampau, Sebelum adanya alat pembersih telinga seperti yang terbuat dari kapas, jaman dulu orang menggunakan bulu ayam atau korek api yang diberikan kapas untuk membersihkan telinga, Penggunaan alat-alat tersebut sebenarnya dapat membahayakan keselamatan telinga anda apabila mereka tidak sadar alat tersebut menusuk area paling dalam dari telinga yang dapat memecahkan gendang telinga.

3. Kurangi penggunaan headset, earphone, headphone

Beberapa orang dari teman saya yang rutin atau selalu menggunakan earphone dengan suara full ternyata sering merasakan sakit di area telinganya, bahkan juga ada yang mengalami kesulitan pendengaran akibat hal tersebut. Saran saya, Gunakanlah earphone dikala hanya untuk menelpon saja untuk menghindari radiasi telinga anda atau pergunakan earphone dengan volume yang lebih kecil.

4. Rutin berkonsultasi dengan dokter

Nah, Bila anda memang benar-benar sayang dengan telinga anda maka sebagai saran sebaiknya anda harus rutin berkonsultasi dengan dokter ahli penyakit telinga. Dikarenakan Dengan anda rajin berkonsultasi maka anda dapat mengetahui lebih cepat apabila terjadi gangguan pada telinga anda sehingga dapat diatasi lebih dini agar tidak parah nantinya.

Mungkin Itu saja 4 cara merawat telinga kita dengan baik, rawatlah telinga kita sejak dini agar tidak menyesal di hari kemudian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "4 Cara Merawat Telinga dengan Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel