6 Jenis Minuman Yang Dapat Membuat Jantung Menjadi Sehat

Resiko terserang penyakit jantung bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik, namun dengan semakin berkembangnya jaman dimana orang ingin serbacepat dan sibuk, jumlah penderita jantung pun semakin bertambah. Hal ini tak lepas dari banyaknya orang yang tertekan dan stres yang pada akhirnya menyebabkan kerja jantung tidak normal.


Namun demikian, pada dasarnya penyakit jantung bisa dicegah, dihindari, dan diobati, selama belum terlambat dan diketahui secara dini. Sudah banyak yang memberi masukan mengenai makan yang bergizi dan olahraga yang teratur, karena memang hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mencegah agar bisa terhindar dari penyakit jantung.
Selain perubahan pada gaya hidup saja yang bisa mencegah penyakit jantung, apa yang kita minum pun ternyata juga mempunyai andil yang cukup besar untuk mencegah penyakit jantung. Ada beberapa minuman yang disarankan bisa menjaga kesehatan jantung, yaitu: 

1. Jus Delima
Sejumlah peneliti dari University of California berhasil menemukan kandungan antioksidan jus delima ternyata lebih besar dibanding anggur merah ataupun teh hijau. Dan jika kita rutin mengkonsumsi jus delima, kolesterol dan plak arteri dapat dikurangi, dan aliran darah ke jantung meningkat. 

2.Anggur Merah
Buah anggur merah ternyata memiliki banyak senyawa yang dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk kandungan resveratrol yang memiliki sifat anti oksidan yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan pengumpulan darah. Mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah pas dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Minimal tiga gelas perhari. 

3. Teh Hitam
Teh hitam yang didapatkan dari hasil proses fermentasi setelah daun dipanen dan dikeringkan, ternyata mampu mengubah komposisi kimia daun teh tersebut, dan menghasilkan beberapa antioksidan kuat. Teh hitam terbukti mampu mengurangi resiko stroke dan LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner

4. Teh Hijau
Selain teh hitam, teh hijau juga terbukti mempunyai senyawa antioksidan kuat. Bahkan banyak minum teh hijau terbukti mampu mencegah resiko penyakit arteri koroner. Dan banyak penelitian menunjukkan konsumsi teh hijau mampu mengurangi kolesterol dan mencegah pembekuan darah dan stroke. 

5. Air
Ya, meski terbilang sederhna, namun konsumsi air mempunyai arti yang cukup besar. Salah satunya bila kita terkena dehidrasi karena kekurangan air, ternyata bisa menyebabkan tesiko terkena jantung koroner, termasuk pengentalan darah. Akibat pengentalan darah, maka kerja jantung untuk memompa darah makin keras, dan akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi. Maka disarankan dalam satu hari minimal minum air 1,5 liter, dan dijaga jangan sampai tubuh kekurangan air. 

6. Kopi
Aneh memang kedengarannya, namun kenyataannya kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibanding coklat atau teh. Minum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas dapat menghambat peradangan dan menghambat resiko penyakit kardiovaskular.

Berdasar penelitian terhadap puluhan ribu wanita yang mengkonsumsi 2 cangkir kopi setiap hari, ternyata 20 persen lebih rendah terkena stroke dibandingkan yang tidak meminum kopi. Oleh karena itu disarankan meminum 2-4 cangkir perhari demi kesehatan jantung kita. Bila mengalami sulit tidur, gelisah, atau kembung, maka dosisnya bisa dikurangi 1-2 cangkir perhari sudah cukup.

0 Response to "6 Jenis Minuman Yang Dapat Membuat Jantung Menjadi Sehat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel