Asam Laktat Baik Untuk Tubuh Namun Buruk Jika Asidosis

Asam laktat adalah salah satu zat penting yang diproduksi oleh sel otot yang merupakan hasil metabolisme karbohidrat tanpa menggunakan oksigen (anaerob metabolisme). Asam laktat merupakan sumber energi yang dipakai oleh otot ketika tubuh sedang melakukan aktivitas atau olahraga dalam rentang waktu yang agak lama. 

Ketika sedang olahraga, oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh melebihi suplai sesampai timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini lalu diserap oleh sel otot untuk djadikan bahan bakar. Pada seseorang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sesampai mereka mampu berolahraga dalam jangka waktu lebih lama. Dibandingkan membuat lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan serta meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Jadi untuk tubuh yang sedang beraktivitas tinggi atau sedang berolahraga asam laktat dalam tubuh sangatlah tidak berbahaya justru sangat dibutuhkan untuk bahan energi yang digunakan oleh otot uniknya asam laktat diproduksi ketika kadar oksigen dalam tubuh kurang atau dikenal dengan metabolisme anaerob.

Asidosis asam laktat

Pada keadaan tertentu suatu kelainan yang terjadi didalam tubuh justru dapat mengganggu perubahan asam laktat menjadi energi sesampai terjadi penumpukan berlebih dalam tubuh yang diakibatkan asam laktat tidak dapat digunakan oleh otot secara penuh atau tidak dapat dibuang oleh ginjal serta hati, sesampai hal ini menyebabkan penumpukan berlebih asam laktat yang dalam bahasa medis disebut dengan asidosis asam laktat.

Adapun kelainan yang menjadi penyebab asidosis asam laktat ialah sebagai berikut :

  • Organ tubuh kekurangan oksigen yang disebabkan oleh beberapa keadaan antara lain : gagal jantung, gagal ginjal, gagal nafas, kerusakan fungsi hati, kanker, anemia serta pendarahan besar didalam tubuh.
  • Efek obat-obatan seperti : paracetamol, antikejang, aspirin, dll. tetapi untuk kasus ini sangat jarang sekali terjadi.
  • Gangguan konginental bawaan
itulah beberapa kelainan pada tubuh atau keadaaan medis tertentu yang dapat menyebabkan asam laktat menumpuk sesampai menyebabkan suatu keadaan berbahaya (asidosis asam laktat). Beberapa gejala umum yang ditimbulkannya ialah sebagai berikut :
  • Rasa lelah berlebih serta lemas.
  • Detak jantung meningkat.
  • Kram atau nyeri
  • Mencret atau rasa tidak nyaman dibagian perut.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Sakit kepala.
Namun untuk gejala yang parah serta harus mendapatkan pertolongan segera ialah pada keadaaan berikut :
  • Napas beraroma buah, kondisi ini mengindikasikan kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit diabetes yang disebut ketoasidosis diabetik.
  • Kebingungan.
  • Penyakit kuning.
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas.
  • Tangan serta kaki tampak membiru.
Hal diatas merupakan kegawat daruratan medis dari komplikasi asidosis laktat yaitu penurunan suplai oksigen ke jaringan tubuh sesampai mengakibatkan gagal organ serta kematian. hal tersebut harus segara mendapatkan pertolongan medis secepatnya dengan dibawa kerumah sakit terdekat.

Pencegahan Asidosis Asam laktat

Salah satu hal yang paling baik dilakukan supaya tidak sampai pada keadaan gawatdarurat medis seperti yang telah kami paparkan diatas ialah dengan cara melakukan pencegahan adapaun caranya ialah dengan mengenali keadaan organ tubuh dengan memeriksakannya ke petugas kesehatan yang berkompeten dibidangnya serta tentu saja hal lainnya ialah dengan melakukan pengecekan asam laktat, pengecekan asaam laktat dapat dilakukan di laboratorium dengan darah vena sebagai sampel. adapun kadar normal asam laktat dalam tubuh secara normal ialah 4,5-19,8 mg/dl. tetapi angka tersebut tidak dapat dijadikan acuan tetap karena setiap individu memerlukan kadar asam laktat yang berbeda serta juga setiap laboratorium memiliki angka standar sendiri-sendiri berdasarkan pertimbangan - pertimbangan tertentu.

Jadi Kesimpulannya asam laktat merupakan zat yang penting untuk tubuh sebagai bahan energi otot, serta penumpukan kelebihan asam laktat hanya akan terjadi berdasarkan faktor penyebab yang telah kami paparkan diatas.

0 Response to "Asam Laktat Baik Untuk Tubuh Namun Buruk Jika Asidosis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel