Download materi Paradigma Keperawatan (IKD 1)

Salah satu materi pada mata kuliah keperawatan, lebih tepatnya pada ilmu keperawatan dasar 1. kita akan bertemu 4 materi / bahasan yang akan dibahas pada mata kuliah ini. salah satu materi yang akan dibahas adalah tentang paradigma keperawatan.


Pokok bahasan pada materi ini adalah paradigma keperwatan, serta untuk sub pokok bahasan nya adalah pengertian paradigma keperawatan, lingkungan, manusia, keperawatan serta kesehatan. dibawah ini kami tampilkan ringkasan materi paradigma keperawatan, untuk mendapatkan materi paradigma keperawatan lengkap, silahkan download pada link yang telah kami sediakan.

adapun ringkasan isi dari materi paradigma keperawatan sebagai berikut :

Pengertian Paradigma

Paradigma adalah suatu cara dalam mempersepsikan atau memandang sesuatu. Paradigma menjelaskan sesuatu dalam memahami suatu tingkah laku.

Keperawatan merupakan suatu bentuk pelayanan yang profesional, yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan pada ilmu serta kiat keperawatan, dengan bentuk pelayanan mencakup biopsikososio-spiritual yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok serta masyarakat baik sehat maupun sakit dalam siklus kehidupan manusia.

Paradigma keperawatan adalah suatu cara pandang yang mendasar atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi serta memilih tindakan terhadap fenomena yang ada dalam keperawatan .

Paradigma memiliki fungsi antara lain: Menyikapi serta menyelesaikan berbagai persoalan yang melingkupi profesi keperawatan sebagai aspek pendidikan serta pelayanan keperawatan, praktik serta organisasi profesi. Membantu individu serta masyarakat untuk memahami dunia keperawatan kita serta membantu kita untuk memahami setiap fenomena yang terjadi disekitar kita.


Konsep Manusia

Manusia adalah makhluk bio – psiko – sosial serta spiritual yang utuh, dalam arti merupakan satu kesatuan utuh dari aspek jasmani serta rohani serta unik karena memiliki berbagai macam kebutuhan sesuai tingkat perkembangannya.

konsep manusia menurut paradigma keperawatan adalah manusia sebagai sistem terbuka, sistem adaptif , personal serta interpersonal yang secara umum dapat dikatakan holistik atau utuh.

Peran perawat dalam membantu keluarga meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah kesehatan adalah perawat sebagai pendeteksi adanya masalah kesehatan, memberi asuhan kepada anggota keluarga yang sakit, koordinator pelayanan kesehatan keluarga, fasilitator, pendidik serta penasehat keluarga dalam masalah – masalah kesehatan.


Konsep Keperawatan

Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional sebagai bagian integral pelayanan kesehatan berbentuk pelayanan biologi, psikologi, sosial, spiritual serta kultural secara komprehensif, ditujukan kepada individu, keluarga serta masyarakat sehat maupun sakit mencakup siklus hidup manusia.


Konsep kesehatan

Sehat adalah suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan – perubahan lingkungan internal serta eksternal untuk memepertahankan keadaan kesehatannya. Adapun faktor lingkungan internal yang mempengaruhi adalah psikologis, dimensi intelektual serta spiritual serta proses penyakit. Faktor – faktor lingkungan eksternal adalah faktor – faktor yang berada diluar individu yang mungkin mempengaruhi kesehatan antara lain variabel lingkungan fisik, hubungan sosial serta ekonomi.


Konsep Lingkungan 

Lingkungan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daerah ( kawasan dsb) yang termasuk didalamnya. Lingkungan adalah faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan menusia serta mencakup antara lain lingkungan sosial, status ekonomi serta kesehatan.

Itulah sepenggal bahasan materi paradigma keperawatan. untuk mendapatkan materi paradigma keperawatan lengkap silahkan download dibawah ini :
Demikianlah kami bagikan materi Paradigma Keperawatan dalam mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1, semoga dapat membantu teman - teman sejawat sekalian.

0 Response to "Download materi Paradigma Keperawatan (IKD 1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel