Download Materi Teori Konsep serta Model Keperawatan (IKD1)

Pada Pembahasan terakhir ilmu keperawata dasar 1 akan kita temui materi tentang teori serta kerangka konsep.

pada materi ini pokok bahasan nya adalah teori serta kerangka konsep serta sub poko bahasan berupa teori menurut para ahli tentang teori serta model keperawatan.


Pengertian Teori, Konsep serta Model keperawatan

Teori adalah hubungan beberapa konsep atau suatu kerangka konsep, atau definisi yang memberikan suatu pandangan sistematis terhadap gejala-gejala atau fenomena-fenomena dengan menentukan hubungan spesifik antara konsep-konsep tersebut dengan maksud untuk menguraikan, menerangkan, meramalkan serta atau mengendalikan suatu fenomena. Teori dapat diuji, diubah atau digunakan sebagai suatu pedoman dalam penelitian.

Teori keperawatan didefinisikan oleh Steven (1984), sebagai usaha untuk menguraikan serta menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan. Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain serta bertujuan untuk menggambarkan,menjelaskan, memperkirakan serta mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang dilakukan.

Konsep adalah suatu keyakinan yang kompleks terhadap suatu objek, benda, suatu peristiwa atau fenomena berdasarkan pengalaman serta persepsi seseorang berupa ide, pandangan atau keyakinan. Kumpulan beberapa konsep ke dalam suatu kerangka yang dapat dipahami membentuk suatu model atau kerangka konsep. Konsep dapat dianalogikan sebagai batu bata serta papan untuk membangun sebuah rumah dimana rumah yang dibangun diibaratkan sebagai kerangka konsep.


Tujuan Teori serta Model Keperawatan

Teori keperawatan sebagai salah satu bagian kunci perkembangan ilmu keperawatan serta pengembangan profesi keperawatan memiliki tujuan yang ingin dicapai diantaranya :

Adanya teori keperawatan diharapkan dapat memberikan alasan-alasan tentang kenyataan-kenyataan yang dihadapi dalam pelayanan keperawatan, baik bentuk tindakan atau bentuk model praktek keperawatan sesampai berbagai permasalahan dapat teratasi.

Adanya teori keperawatan membantu para anggota profesi perawat untuk memahami berbagai pengetahuan dalam pemberian asuhan keperawatan lalu dapat memberikan dasar dalam penyelesaian berbagai masalah keperawatan.

Adanya teori keperawatan membantu proses penyelesaian masalah dalam keperawatan dengan memberikan arah yang jelas bagi tujuan tindakan keperawatan sesampai segala bentuk serta tindakan dapat dipertimbangkan.

Adanya teori keperawatan juga dapat memberikan dasar dari asumsi serta filosofi keperawatan sesampai pengetahuan serta pemahaman dalam tindakan keperawatan dapat terus bertambah serta berkembang.


Model Konsep serta Teori Keperawatan Florence Nigtingale

Florence merupakan salah satu pendiri yang meletakkan dasar-dasar teori keperawatan yang melalui filosofi keperawatan yaitu dengan mengidentifikasi peran perawat dalam menemukan kebutuhan dasar manusia pada klien serta pentingnya pengaruh lingkungan di dalam perawatan orang sakit yang dikenal teori lingkungannya.


Model Konsep serta Teori Keperawatan Marta E. Rogers

Model konsep serta teori keperawatan menurut Martha E. Rogers dikenal dengan nama konsep manusia sebagai unit. Dalam memahami konsep model serta teori ini, Martha berasumsi bahwa manusia merupakan satu kesatuan yang utuh, yang memiliki sifat serta karakter yang berbeda-beda. Dalam proses kehidupan manusia yang dinamis, manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan yang saling mempengaruhi serta dipengaruhi, serta dalam proses kehidupan manusia setiap individu akan berbeda satu dengan yang lain serta manusia diciptakan dengan karakteristik serta keunikan tersendiri.


Model Konsep serta Teori Keperawatan Myra Levine

Model konsep Myra Levine memandang klien sebagai makhluk hidup terintegrasi yang saling berinteraksi serta beradaptasi terhadap lingkungannya. serta intervensi keperawatan adalah suatu aktivitas konservasi serta konservasi energi adalah bagian yang menjadi pertimbangan.


Virginia Henderson (Teori Henderson) 

Virginia henderson memperkenalkan defenition of nursing (defenisi keperawatan). Defenisinya mengenai keperawatan dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya.Ia menyatakan bahwa defenisi keperawatan harus menyertakan prinsip kesetimbangan fisiologis.

itulah sepenggal bahasan materi teori serta kerangka konsep yang terdapat dalah mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1.

Untuk mendownload materi secara lengkap silahkan dibwah ini :
Silahkan diambil bagi teman - teman perawat yang lagi membutuhkan materi teori serta kerangka konsep dalam mata kuliah ilmu keperawatan dasar 1 gratis. terima kasih.

0 Response to "Download Materi Teori Konsep serta Model Keperawatan (IKD1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel