Grouper E-klaim INA-CBG BPJS Kesehatan / JKN, Buat serta Cetak

INA-CBG merupakan sebuah singkatan dari Indonesia Case Base Groups yaitu sebuah aplikasi yang digunakan rumah sakit untuk mengajukan klaim pada pemerintah. Menurut kepala Dinas kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, INA-CBG merupakan sistem pembayaran dengan sistem "paket", berdasarkan penyakit yang diderita pasien.

Arti dari Case Base Groups (CBG) itu sendiri, adalah cara pembayaran perawatan pasien berdasarkan diagnosis-diagnosis atau kasus-kasus yang relatif sama.

Rumah Sakit akan mendapatkan pembayaran berdasarkan rata-rata biaya yang dihabiskan oleh untuk suatu kelompok diagnosis. Untuk lebih mudah dipahami sebagai contoh. Misalnya, seorang pasien menderita demam berdarah. Dengan demikian, sistem INA-CBG sudah "menghitung" layanan apa saja yang akan diterima pasien tersebut, berikut pengobatannya, sampai dinyatakan sembuh.

Setelah kita mengenal apa itu INA-CBG berdasarkan penjelasan diatas, sebagai seorang perawat yang sedang bekerja dirumah sakit khususnya yang sedang bertugas di rawat inap tentu harus mengerti bagaimana membuat grouper e-klaim inacbg untuk bpjs kesehatan. Dari itu dibawah ini kami mencoba memaparkan bagaimana cara membuat grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan serta mencetaknya, Silahkan disimak.

Cara membuat serta mencetak Grouper E-klaim INA-CBG BPJS Kesehatan / JKN


Sebelum kita memulai membuat grouper sebaiknya silahkan download dahulu aplikasi INA-CBG supaya dapat melakukannya, untuk mendownload aplikasi INA_CBG versi tebaru yaitu INA-CBG 5.2 DISINI.

Untuk membuat grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan / JKN ialah sebagai berikut
  • Masuk ke aplikasi INA-CBG
  • Setelah itu anda akan dibawa ke halaman beranda INA-CBG seperti dibawah ini :
  • Setelah itu masukkan username serta password lalu klik login
  • lalu anda akan masuk ke halaman utama INA-CBG Seperti dibawah ini
  • Silahkan isi data pasien seperti gambar diatas.
  • Selanjutnya anda akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini.
  • Kemudian klik nomor rekam medis /RM Seperti gambar diatas.
  • Setelah selesai akan muncul halaman seperti gambar berikut
  • Pada halaman ini silahkan isi apa yang diminta pada kolom yang kosong seperti no peserta, no SEP, jenis rawatan, lama dirawat, DPJP, serta tarif rumah sakit meliputi, konsultasi dokter, keperawatan alkes, BMHP dst, seperti gambar diatas lengkapi serta nominal tarif rumah sakit harus sama dengan yang ada di billing rumah sakit, setelah itu isi icd diagnosa serta icd prosedur serta klik simpan serta grouper nantinya akan muncul nominal klaim dibawah nya masih dihalam tersebut.
  • Lalu skroll ke bawah serta akan kita lihat berapa nominal yang dapat diklaim rumah sakit ke BPJS kesehatan / JKN sesuai dengan kelompok penyakit yang diderita pasien, silahkan lihat dibawah :
  • Sampai disini Proses pembuatan grouper e-klaim inacbg bpjs kesehatan selesai dilakukan, kita dapat melihat berapa nominal yang dapat diklaim rumah sakit. Setelah itu Silahkan klik Final Klaim, Lalu cetak hasil klaim.
Proses pembuatan serta pencetakan Grouper E-Klaim INA-CBG BPJS Kesehatan selesai. 

0 Response to "Grouper E-klaim INA-CBG BPJS Kesehatan / JKN, Buat serta Cetak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel