Pathway Stroke Doc serta Patofisiologi

Sahabat perawat dimanapun berada, supaya dapat menyusun laporan pendahuluan stroke lengkap sangat dibutuhkan sekali patofisiologi serta tentunya juga pathway stroke yang sesuai dengan diagnosa keperawatan yang diambil.

Nah berdasarkan hal diatas, pada postingan kali ini kami bagikan patofisiologi serta pathway stroke dalam format doc yang dapat diedit serta disesuaikan dengan diagnosa keperawatan yang diambil. Untuk mendapatkan pathway stroke doc serta patofisiologi nya silahkan unduh menggunakan link tautan yang telah kami sematkan dalam artikel ini.


Stroke itu sendiri terbagi menjadi stroke hemoragik serta non hemoragik. Stroke hemoragik adalah disfungsi neurologi fokal yang akut serta disebabkan oleh perdarahan primer substansi otak yang terjadi secara spontan bukan olek karena trauma kapitis, disebabkan oleh karena pecahnya pembuluh arteri, vena serta kapiler. (UPF, 1994). Sedangkan Stroke non hemoragik adalah Stroke non hemoragik merupakan proses terjadinya iskemia akibat emboli serta trombosis serebral biasanya terjadi setelah lama beristirahat, baru bangun tidur atau di pagi hari serta tidak terjadi perdarahan. Namun terjadi iskemia yang menimbulkan hipoksia serta berikutnya dapat timbul edema sekunder. (Arif Muttaqin, 2008, hlm. 130).


Patofisiologi

Hipertensi kronik menyebabkan pembuluh arteriola yang berdiameter 100-400 mcmeter mengalami perubahan patologik pada dinding pembuluh darah tersebut berupa hipohialinosis, nekrosis fibrinoid serta timbulnya aneurisma tipe Bouchard. Arteriol-arteriol dari cabang-cabang lentikulostriata, cabang tembus arteriotalamus serta cabang-cabang paramedian arteria vertebro-basilar mengalami perubahan-perubahan degeneratif yang sama. Kenaikan darah yang “abrupt” atau kenaikan dalam jumlah yang secara mencolok dapat menginduksi pecahnya pembuluh darah terutama pada pagi hari serta sore hari.
       
Jika pembuluh darah tersebut pecah, maka perdarahan dapat berlanjut sampai dengan 6 jam serta bila volumenya besarakan merusak struktur anatomi otak serta menimbulkan gejala klinik. Jika perdarahan yang timbul kecil ukurannya, maka massa darah hanya dapat merasuk serta menyela di antara selaput akson massa putih tanpa merusaknya. Pada keadaan ini absorbsi darah akan diikutioleh pulihnya fungsi-fungsi neurologi. Sedangkan pada perdarahan yang luas terjadi destruksi massa otak, peninggian tekanan intrakranial serta yang lebih berat dapat menyebabkan herniasi otak pada falk serebri atau lewat foramen magnum.
       
Kematian dapat disebabkan oleh kompresi batang otak, hemisfer otak, serta perdarahan batang otak sekunder atau ekstensi perdarahan ke batang otak. Perembesan darah ke ventrikel otak terjadi pada sepertiga kasus perdarahan otak di nukleus kaudatus, talamus serta pons.
       
Selain kerusakan parenkim otak, akibat volume perdarahan yang relatif banyak akan mengakibatkan peningian tekanan intrakranial serta mentebabkan menurunnya tekanan perfusi otak serta terganggunya drainase otak.
       
Elemen-elemen vasoaktif darah yang keluar serta kaskade iskemik akibat menurunnya tekanan perfusi, menyebabkan neuron-neuron di daerah yang terkena darah serta sekitarnya tertekan lagi. Jumlah darah yang keluar menentukan prognosis. Apabila volume darah lebih dari 60 cc maka resiko kematian sebesar 93 % pada perdarahan dalam serta 71 % pada perdarahan lobar. Sedangkan bila terjadi perdarahan serebelar dengan volume antara 30-60 cc diperkirakan kemungkinan kematian sebesar 75 % tetapi volume darah 5 cc serta terdapat di pons sudah berakibat fatal. (Jusuf Misbach, 1999).

Pathway Stroke 

 lengkap sangat dibutuhkan sekali patofisiologi serta tentunya juga pathway stroke yang sesu Pathway Stroke Doc serta Patofisiologi

Untuk mendapatka pathway stroke dalam format doc, DISINI

Demikian Pathway Stroke doc serta Patofisiologi kami bagikan semoga dapat membantu melengkapi tugas - tugas teman sejawat sekalian. Terima kasih.

0 Response to "Pathway Stroke Doc serta Patofisiologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel