Patoffisiologi serta Pathway BPH Doc serta Pdf

Pada postingan ini kami bagikan patofisiologi serta pathway BPH lengkap yang dapat didownload dalam format pdf serta doc. 

Bertujuan membantu teman-teman sejawat yang tengah membuat tugas LP ataupun askep terkait penyakit BPH, pada artikel ini kami share Patofisiologi serta pathway BPH yang dapat diedit serta disesuaikan dengan diagnosa yang diambil.

Untuk mendownload patofisiologi serta pathway BPH pdf serta doc, silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan diakhir artikel ini.

BPH Adalah pembesaran jinak kelenjar prostat, disebabkan oleh karena hiperplasia beberapa atau semua komponen prostat meliputi jaringan kelenjar/jaringan fibromuskuler yang menyebabkan penyumbatan uretra pars prostatika (Lab/UPF Ilmu Bedah RSUD Dr Soetomo, 1994 : 193).

Patofisiologi

Sejalan dengan pertambahan umur, kelenjar prostat akan mengalami hiperplasia, bila prostat membesar akan meluas ke atas (bladder), di dalam mempersempit saluran uretra prostatica serta menyumbat aliran urine. Keadaan ini dapat meningkatkan tekanan intravesikal. Sebagai kompensasi terhadap tahanan uretra prostatika, maka otot detrusor serta buli-buli berkontraksi lebih kuat untuk dapat memompa urine keluar. Kontraksi yang terus-menerus menyebabkan perubahan anatomi dari buli-buli berupa : Hipertropi otot detrusor, trabekulasi, terbentuknya selula, sekula serta difertikel buli-buli. Perubahan struktur pada buli-buli dirasakan klien sebagai keluhan pada saluran kencing bagian bawah atau Lower Urinary Tract Symptom/LUTS (Basuki, 2000 : 76).

Pada fase-fase awal dari Prostat Hyperplasia, kompensasi oleh muskulus destrusor berhasil dengan sempurna. Artinya pola serta kualitas dari miksi tidak banyak berubah. Pada fase ini disebut Sebagai Prostat Hyperplasia Kompensata. Lama kelamaan kemampuan kompensasi menjadi berkurang serta pola serta kualitas miksi berubah, kekuatan serta lamanya kontraksi dari muskulus destrusor menjadi tidak adekuat sesampai tersisalah urine di dalam buli-buli saat proses miksi berakhir seringkali Prostat Hyperplasia menambah kompensasi ini dengan jalan meningkatkan tekanan intra abdominal (mengejan) sesampai tidak jarang disertai timbulnya hernia serta haemorhoid puncak dari kegagalan kompensasi adalah tidak berhasilnya melakukan ekspulsi urine serta terjadinya retensi urine, keadaan ini disebut sebagai Prostat Hyperplasia Dekompensata. Fase Dekompensasi yang masih akut menimbulkan rasa nyeri serta dalam beberapa hari menjadi kronis serta terjadilah inkontinensia urine secara berkala akan mengalir sendiri tanpa dapat dikendalikan, sedangkan buli-buli tetap penuh. Ini terjadi oleh karena buli-buli tidak sanggup menampung atau dilatasi lagi. Puncak dari kegagalan kompensasi adalah ketidak mampuan otot detrusor memompa urine serta menjadi retensi urine. Retensi urine yang kronis dapat mengakibatkan kemunduran fungsi ginjal (Sunaryo, H. 1999 : 11)

Pathway BPH / Benign Prostatic Hyperplasia

  • Untuk mendownload Pathway BPH doc Silahkan DISINI
  • Untuk mendownload Pathway BPH pdf Silahkan DISINI
Demikian kami bagikan patofisiologi serta pathway BPH yang dapat didownload dalam format serta pdf, semoga dapat membantu teman-teman sejawat dalam melengkapi tugas LP ataupun askep. terima Kasih.

0 Response to "Patoffisiologi serta Pathway BPH Doc serta Pdf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel