Patofisiologi serta Pathway Ca Nasofaring, Download Doc serta Pdf

Untuk melengkapi tugas keperawatan berupa LP atau askep sangat dibutuhkan sekali yang namanya patofisiologi serta pathway. Nah berdasarkan hal tersebut untuk membantu teman - teman perawat yang sedang membuat LP atau askep Ca nasofaring, pada postingan kali ini kami bagikan dalam format doc serta pdf.

Untuk mendownload patofisiologi serta pathway Ca nasofaring pdf serta doc silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan diakhir artikel ini.

Patofisiologi Ca nasofaring

Infeksi EBV terjadi pada dua tempat utama yaitu sel epitel kelenjar saliva serta sel limfosit. Virus Epstein-Barr bereplikasi dalam sel-sel epitel serta menjadi laten dalam limfosit B. Mula-mula, glikoprotein (gp350/220) pada kapsul EBV berikatan dengan protein CD21 (reseptor virus) di permukaan limfosit B. Masuknya EBV ke dalam DNA limfosit B menyebabkan limfosit B menjadi imortal. Namun, mekanisme masuknya EBV ke dalam sel epitel nasofaring belum dapat dijelaskan dengan pasti. Namun demikian, terdapat dua reseptor yang diduga berperan dalam masuknya EBV ke dalam sel epitel nasofaring yaitu CR2 serta PIGR (Polimeris Imunoglobin Receptor).6

Sel yang terinfeksi oleh EBV dapat menimbulkan beberapa kemungkinan yaitu
  • sel yang terinfeksi EBV akan mati serta virus akan bereplikasi
  • EBV yang menginfeksi sel akan mati sesampai sel menjadi normal kembali
  • terjadi reaksi antara sel serta virus yang mengakibatkan transformasi/perubahan sifat sel menjadi ganas sesampai terbentutlah sel kanker.

Gen EBV yang diekspresikan pada penderita KNF adalah gen laten yaitu EBERs,EBNA1, LMP1, LMP2A serta LMP2B.6
  • Protein EBNA1 berperan dalam mempertahankan virus pada infeksi laten.
  • Protein transmembran LMP2A serta LMP2B à menghambat sinyal tyrosine kinase yang dipercaya dapat menghambat siklus litik virus.
  • Protein transmembran LMP1 (gen yang paling berperan dalam transformasi sel) menjadi perantara sinyal TNF (Tumor Necrosi Factor) serta meningkatkan regulasi sitokin IL-10 yang meningkatkan proliferasi sel B serta menghambat respon imun lokal.

Pathway Ca Nasofaring


Demikian patofisiologi serta pathway Ca nasofaring kami bagikan semoga dapat membantu teman-teman perawat sekalian dalam melengkapi tugas keperawatan baik LP atau askep. Terima kasih

0 Response to "Patofisiologi serta Pathway Ca Nasofaring, Download Doc serta Pdf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel