Patofisiologi serta Pathway Hernia Nukleus Pulposus (HNP) Doc

Kalau sebelumnya kami posting laporan pendahuluan HNP yang mungkin telah anda kunjungi, pada artikel ini kami sediakan secara terkhusus tentang patofisiologi serta pathway hernia nukleus pulposus atau lebih dikenal dengan singkatan HNP. serta juga dalam artikel ini kami sediakan pathway HNP dalam format doc yang dapat diedit, yang dapat didownload melalui link tautan yang telah kami sematkan.

Nukleus puposus merupakan sebuah bantalan keras berbentuk seperti bola ditengah diskus yang terbentuk dari material keras yang terbentuk dari gabungan fibrosa serta lempengan kartilago diantara tubuh vertebra (diskus invertebralis).

Hernia nukleus pulposus (HNP) sendrir memiliki pengertian suatu keadaan dimana nukleus pulposus keluar menonjol untuk kemudia menekan ke arah kanalis spinalis melalui anulus fibrosis yang robek

Patofisiologi HNP

Protrusi atau ruptur nukleus pulposus biasanya didahului dengan perubahan degeneratif yang terjadi pada proses penuaan. Kehilangan protein polisakarida dalam diskus menurunkan kandungan air nukleus pulposus. Perkembangan pecahan yang menyebar di anulus melemahkan pertahanan pada herniasi nukleus. Setela trauma *jatuh, kecelakaan, serta stress minor berulang seperti mengangkat) kartilago dapat cedera.
Pada kebanyakan pasien, gejala trauma segera bersifat khas serta singkat, serta gejala ini disebabkan oleh cedera pada diskus yang tidak terlihat selama beberapa bulan maupun tahun. Kemudian pada degenerasi pada diskus, kapsulnya mendorong ke arah medula spinalis atau mungkin ruptur serta memungkinkan nukleus pulposus terdorong terhadap sakus dural atau terhadap saraf spinal saat muncul dari kolumna spinal.


Hernia nukleus pulposus ke kanalis vertebralis berarti bahwa nukleus pulposus menekan pada radiks yang bersama-sama dengan arteria radikularis berada dalam bungkusan dura. Hal ini terjadi kalau tempat herniasi di sisi lateral. Bilamana tempat herniasinya ditengah-tengah tidak ada radiks yang terkena. Lagipula,oleh karena pada tingkat L2 serta terus kebawah sudah tidak terdapat medula spinalis lagi, maka herniasi di garis tengah tidak akan menimbulkan kompresi pada kolumna anterior.
Setelah terjadi hernia nukleus pulposus sisa duktus intervertebralis mengalami lisis sesampai dua korpora vertebra bertumpang tindih tanpa ganjalan.

Pathway HNP



Untuk mendownload Pathway HNP doc, DISINI

Demikian Patofisiologi serta pathway HNP doc kami bagikan semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Patofisiologi serta Pathway Hernia Nukleus Pulposus (HNP) Doc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel