Patofisiologi serta Pathway Tb Paru Siap Edit

Kalau sebelumnya telah kami posting laporan pendahuluan tb paru, pada kesempatan kali ini kami bagikan patofisiologi serta pathway tb paru secara terpisah.

Untuk kelengkapan laporan pendahuluan atau askep tb paru patofisiologi serta pathway merupakan salah satu bagian yang sangat diperlukan. karena pada patofisiologi serta pathway tb paru berisikan tentang perjalanan sebuah penyakit atau sebab akibat mengapa suatu diagnosa dapat timbul serta digambarkan pada pathway seperti genogram.


Nah untuk itu disini kami bagikan patofisiologi serta pathway tb paru dalam format doc supaya teman-teman perawat sekalian dapat mengeditnya serta menyesuaikan dengan diagnosa keperawatan yang ingin diambil.

Tb paru merupakan suatu penyakit yang menyerang paru-paru yang disebabkan oleh salah satu bakteri yaitu Myobakterium Tuberkulosis.

Patofisiologi tb paru

Myobakterium Tuberkulosis.Penyakit ini dikendalikan oleh respon imunitas perantara sel efektor (makrofag), sedangkan limphosit (sel T) adalah sel imonoresponsifnya. Imunitas ini biasanya melibatkan makrofag yang diaktifkan ditempat infeksi oleh limfosit serta limfokin, respon ini disebut sebagai reaksi hipersensitifitas (lambat). Basil Tuberkel yang mencapai permukaan alveolus akan diinhalasi sebagai suatu unit (1-3 basil), gumpalan basil yang lebih besar cenderung tertahan disaluran hidung serta cabang besar bronkus serta tidak menyebabkan penyakit. Yang berada dialveolus dibagian bawah lobus atas paru basil tuberkel ini membuat peradangan. Leukosit polimorfonuklear nampak pada tempay tersebut serta mempagosit, tetapi tidak membunuh basil. Hari-hari berikutnya leukosit diganti oleh makrofag, alveoli yang terserang mengalami konsolidasi serta timbul gejala pneumoni akut. Pneumoni selluler ini dapat sembuh dengan sendirinya. Proses ini dapat berjalan terus, serta basil terus dipagosit atau berkembang biak di dalam sel. Basil juga menyebar melalui kelenjar getah bening. Makrofag yang mengadakan infiltrasi menjadi lebih panjang serta sebagian bersatu membentuk sel tuberkel epiteloid yang dikelilingi oleh limfosit (membutuhkan waktu 10-20 hari). Nekrosis bagian sentral lesi memberikan gambaran yang relatif padat serta seperti keju (nekrosis kaseosa) . Daerah yang mengalami nekrosis serta jaringan granulasi yang dikelilingi sel epiteloid serta fibroblas akan menimbulkan respon berbeda. Jaringan granulasi akan lebih fibroblas membentuk jaringan parut serta ahirnya membentuk suatu kapsul yang dikelilingi tuberkel.

Pathway tb paru



Untuk mendownload pathway tb paru doc, DISINI

Demikian patofisiologi serta pathway tb paru kami bagikan semoga dapat menjadi refferensi teman-teman sejawat sekalian. Terima kasih.

0 Response to "Patofisiologi serta Pathway Tb Paru Siap Edit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel