Pcare (primary care) BPJS Kesehatan Untuk Faskes Tingkat pertama (klinik pratama, primer, puskesmas), Cara Menggunakan serta Keuntungannya

Primary care atau yang lebih dikenal dengan nama pcare adalah aplikasi yang khusus disediakan untuk faslilitas kesehatan tingkat pertama. dimana dengan aplikasi ini petugas dapat dengan mudah mengakses data ke server bpjs seperti memasukkan data pasien berobat ke faskes tingkat pertama, rujuk, konseling, cek laboratorium serta kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan difaskes

aplikasi pcare telah di perkenalkan pada tahun 2014 yang lalu serta terus menerus perbaiki oleh pihak BPJS Kesehatan supaya dapat bekerja dengan maksimal. aplikasi pcare ini dapat langsung diakses dengan masuk melalu browser ke alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id. atau mendownload aplikasi p-care untuk PC ataupun android, Untuk android sendiri aplikasi yang terbaru saat ini ialah apk pcare 2.1.1, yang dapat didownload melalui Google play store

Namun perlu diketahui, tidak semua orang dapat masuk ke aplikasi ini. hanya petugas yang bekerja di faskes tingkat pertama yang sebelum telah melewati proses kerjasama melalui hfis bpjs, baik klinik pratama, primer maupun puskesmas yang telah terdaftar serta resmi kerja sama dengan BPJS kesehatan sesampai mendapat kan akses user serta pasword login untuk masuk ke aplikasi ini serta menggunakan nya.

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Adapun tutorial cara menggunakan aplikasi p-care BPJS kesehatan sebagai berikut
  • login ke https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  • setelah itu akan muncul gambar seperti berikut :

masukkan username serta fasword faskes tempat anda bekerja
  • setelah itu anda akan masuk ke halaman utama pcare BPJS kesehatan seperti berikut.
menu pendaftaran p-care bpjs kesehatan

pada layar akan tampak menu pilihan pada sebelah kiri atas lihat gambar diatas.
  1. Home, adalah halaman beranda p-care
  2. Entry data, pada menu ini ada dua pilihan yaitu pendaftaran serta pelayanan, bila ada pasien berobat pertama lakukan pendaftaran terlebih dahulu isikan no BPJS peserta lalu klik "cari" apabila pasien tersebut pasien faskes tempat anda bekerja maka identitas pasien akan muncul secara otomatis lalu lengkapilah bidang yang kosong mulai dari jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik sampai tekanan darah. lihat gambar diatas. lalu klik simpan. stelah melakukan pendaftaran serta disimpan klik kembali entry data lalu pilih pelayanan maka akan muncul gambar berikut :
    menu pelayanan p-care BPJS kesehatan
    lalu isilah kolom yang kosong seperti kolom terapy serta diagnosa stelah itu klik simpan. proses entry data untuk pasien BPJS kesehatan di faskes tingkat 1 pun selesai
  3. Lihat Data, pada menu ini anda dapat melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat anda bekerja, mulai dari jumlah kunjungan, kegiatan, jenis kunjungan sampai sepuluh penyakit terbanyak.
  4. Tools, menu ini dapat anda gunakan untuk merubah pasword p-care serta melihat data pekerja faskes 1 / tingkat pertama tempat anda bekerja 
  5. Log out, menu ini digunakan untuk keluar dari aplikasi p-care setelah anda selesai menggunakannya.
Update terbaru aplikasi pcare untuk mendukung program bpjs kesehatan dalam kenyamanan berobat, adalah dengan menghadirkan sistem rujuk online yang dengan sistem ini proses merujuk pasien langsung dilakukan menggunakan app pcare bpjs kesehatan. Dengan menggunakan sistem ini petugas faskes tingkat pertama dapat langsung melihat faskes tingkat lanjutan mana yang memiliki poli atau dokter spesialis yang dituju sesuai dengan identifikasi penyakit penderita.

Cara membuat rujuk online menggunakan pcare bpjs kesehatan

  • setelah dilakukan pendaftaran serta entri data pasien seperti yang telah kami jelaskan diatas, pilih menu pelayanan lalu pada menu ini silahkan cari status pulang lalu pilih rujuk lanjut. nanti anda akan langsung dibawa kehalaman rujuk lanjut.
  • Setelah berada dihalaman rujuk lanjut silahkan pilih dokter spesialis sesuai dengan penyakit pasien, setelah itu klik cari faskes rujukan, maka akan otomatis muncul poli atau rumah sakit yang memiliki dokter spesialis atau poli sesuai kebutuhan. silahkan klik pilih. untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah.
  • Setelah itu silahkan klik simpan, nanti akan muncul penyataan bahwa memang benar pasien itu akan dirujuk ke... silahkan ok kan saja.
  • tahap terakhir silahkan pilih rujuk lanjut + rujuk balik lalu klik setuju, maka akan otomatis muncul surat rujukan online ke faskes tingkat lanjutan yang dituju, silahkan cetak serta proses pembuatan surat rujuk online menggunakan aplikasi pcare bpjs kesehatan selesai.

Keuntungan Menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan

  1. Proses pendaftaran pasien menjadi tepat, cepat serta akurat karena melalui aplikasi Pcare BPJS ini, petugas hanya memasukkan nomor kartu bpjs kesehatan pasien, sesampai seluruh data seperti nama, tanggal lahir serta alamat akan muncul dilayar monitor atau android 
  2. Proses memasukkan icd / diagnosa penyakit lebih mudah karena pasien yang pernah berobat, kita dapat dengan mudah melihat riwayat pasien dengan membuka history pada aplikasi ini.
  3. Jaringan sistem aplikasi yang Luas, aplikasi ini dapat dibuka diberbagai tempat yang tentu saja memiliki jaringan internet, yang mana data yang ditampilkan akan selalu sama meskipun dibuka di browser yang berbeda.
  4. Sistem pendaftaran rujukan yang cepat, Dengan aplikasi ini kita selaku petugas dapat dengan mudah menentukan ke faskes rujukan mana yang sesuai untuk pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut.
  5. Sistem pengaplikasian mudah, karena aplikasi ini menggunakan metode yang sangat mudah dipahami sesampai tidak menyulitkan para penggunanya terutama petugas kesehatan.
serta untuk kesalahan seperti lupa pasword, error, tidak dapat dibuka serta masalah lainnya mengenai aplikasi pcare bpjs kesehatan, anda dapat langsung menghubungi BPJS kesehatan didaerah anda.

terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pcare (primary care) BPJS Kesehatan Untuk Faskes Tingkat pertama (klinik pratama, primer, puskesmas), Cara Menggunakan serta Keuntungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel