Syarat Pembuatan STR Perawat Terbaru

Update syarat pembuatan STR perawat terbaru 2018 

Surat tanda registrasi atau STR merupakan sebuah dokumen yang wajib dimiliki oleh semua tenaga kesehatan, salah satunya adalah perawat. STR perawat adalah sebuah surat yang diberikan oleh pemerintah kepada Perawat yang telah lulus sekolah keperawatan serta mengurusnya dengan melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh MTKI serta membuatnya berdasarkan alur serta prosedur yang telah ditetapkan.

Kewajiban memiliki STR bagi setiap tenaga kesehatan telah diatur dalam peraturan perundang-undangan salah satunya UU No. 36/2014 tentang tenaga kesehatan serta beberapa undang-undang lainya termasuk Undang-Undang No. 38/2014 tentang keperawatan.


Apabila seorang perawat telah memiliki STR barulah perawat tersebut diperbolehkan untuk memberikan pelayanan kesehatan. serta bagi yang belum memiliki diharuskan serta wajib untuk membuat STR. Sebab perawat tanpa STR sangatlah sulit untuk mencari pekerjaan baik di rumah sakit maupun diklinik. jadi kepada teman-teman perawat yang belum memiliki STR alangkah baiknya untuk segara mengurusnya supaya semakin lengkap syarat yang dibutuhkan oleh seorang perawat profesional.

Berdasarkan surat edaran menteri kesehatan bahwa pada bulan mei 2017 yang lalu semua pembuatan serta perpanjangan STR perawat serta tenaga kesehatan lain resmi dilakukan secara online melalui portal MTKI.

Namun disini registrasi online STR perawat hanya untuk mendapatkan checklist, formulir registrasi, serta melakukan pembayaran STR melalui sistem simponi yang juga terdapat pada tahapan registrasi online STR perawat. Yang lalu Checklist,formulir serta bukti pembayaran STR ini menjadi salah satu syarat serta dimasukkan kedalam berkas serta dikirim ke MTKI melalui MTKP setempat.

Adapun isi berkas yang dikirim ke MTKI melalui MTKP yang merupakan syarat pembuatan STR perawat terbaru terbagi menjadi dua yaitu untuk perawat lulusan dibawah tahun2012 serta perawat lulusan diatas 2012.

Syarat Pembuatan STR perawat terbaru 2018.

Syarat pembuatan STR perawat terbaru tetap dibedakan menjadi dua yakni perawat lulusan dibawah tahun 2012 serta diatas 2012, serta bila diulas perbedaan nya hanya di sertifikat kompetensi, kalau perawat yang lulus dibawah 2012 tidak diharuskan menyertakan sertikat kompetensi sedangkan perawat yang lulus diatas tahun 2012 diwajibkan.

Syarat pembuatan STR perawat lulusan dibawah tahun 2012 terbaru 2018

  • Lembar cheklist serta Formulir registrasi (didapat setelah melakukan registrasi STR perawat)
  • Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) melalui pembayaran sistem Simponi/MPNG2.
  • Ijazah perawat terakhir (SPK, DIII, Ners, Ners Spesialis) dilegalisir 2 lembar. 
  • Pas Fhoto 4×6 Latar merah 3 Lembar.
  • Fhoto copy KTP 1 lembar.
  • Surat keterangan Sehat dari dokter.

Syarat pembuatan STR perawat lulusan diatas tahun 2012

  • Lembar cheklist serta Formulir registrasi (didapat setelah melakukan registrasi STR perawat).
  • Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) melalui pembayaran sistem Simponi/MPNG2.
  • Fhoto copy ijazah perawat yang telah dilegalisir 1 lembar. 
  • Fhoto copy Sertifikat kompetensi 1 lembar.
  • Pas Fhoto ukuran 4×6 latar merah sebanyak 2 lembar.
  • Fhoto copy KTP 1 lembar.
  • Surat Keterangan sehat dari dokter 1 lembar.
Diatas adalah syarat pembuatan STR perawat terbaru tahun 2018 yang merupakan isi berkasan yang akan dikirim ke MTKI melalui MTKP setelah semua alur / prosedur pembuatan STR perawat dilaksanakan.

0 Response to "Syarat Pembuatan STR Perawat Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel